record macro

April 24, 2017

Tutorial Record Macro

1.Ketikkan data yang akan digunakan dengan cara ketik manual. Seperti contoh dibawah:


2.Mengolah data awal agar formatnya mirip dengan format akhir yaitu dengan men-TRANSPOSE data.
Daftar pelajaran yang semula bagian baris atas diubah menjadi kolom paling kiri, sedangkan kolom nama yang tadinya berada pada kolom kiri diubah menjadi baris atas.
Cara men-TRANSPOSE:
  1. Copy bagian yang penting saja (mata pelajaran dan nama siswa)
  2. Tempatkan pointer pada cell dimana data tersebut akan di letakkan.
  3. Klik kanan pada cell tadi pada pilih Transpose pada Paste Option.
7.5
3. Berikutnya kita ubah mata pelajaran yg awalnya vertikal menjadi mendatar dengan menonaktifkan rotate text up

4.Menghapus kolom dan baris yang tidak diperlukan yaitu kolom A, jangan lupa untuk mengingat urutan mata pelajaran
Sisipkan 2 baris kosong dibawah garis nama untuk judul kolom tabel.
Beri sebuah jarak 1 columns untuk membedakan semester 3 dan 4
Oh ya sedikit trik terkait fungsi iterasi yang akan kita gunakan, tambahakan pada ujung sebelah kanan kolom akhir (kolom U) tulisan apa saja misalnya stop, agar semua data terproses, nanti kalau sudah beres boleh hapus kolom akhir ini.

5.Tempatkan Active cell pada B1. Klik Use Relative References ( Pada Menu View – Tab Macros- klik Use Relatif Preferences)
6.Kemudian klik Record Macro. Kalau kita sudah siap melakukannya, maka akan muncul popup menu isian, isikan seperlunya, jangan lupa memberi nama macro dan membuat shortcut ctrl+…(saya contohkan Ctrl+w). Ini bertujuan jika hendak menjalankan macro tinggal menggunakan shorcut tersebut.
l8

7.Membuat satu tabel secara manual (untuk data satu siswa saja), ubahlah seperti format tabel yang kita inginkan diawal tadi. Caranya sisipkan kolom sebelah kanan siswa pertama (cell B1) sebanyak yang diperlukan (dalam contoh ini sisipkan sebanyak 8 kolom), masukkan data setiap menyisipkan 1 kolom.

8.Lakukan pekerjaan secara manual. Edit tabel sesuai kebutuhan dengan  menambahkan Tulisan pada beberapa cell seperti No, Mata Pelajaran, Semester, memindah kolom tabel, memformat garis batas (border), memberikan warna cell, menulis rumus perhitungan tertentu. Jika semua sudah selesai format tabel seperti yang diharapkan, letakkan pointer pada cell pada nama siswa diurutan ke-3 .Selesai, Klik Stop recording

7.11
Demikian tutorial record macro terimakasih~

You Might Also Like

0 komentar